Halaman

Rabu, 26 Desember 2012

JavaSript


JavaScript merupakan bahasa yang bergantung pada browser (Navigator). Browser inilah yang berfungsi memanggil halaman web yang di dalamnya terdapat skip-skrip dari JavaScript. JavaScript ini terselip di dalam halaman HTML.
JavaScript itu sendiri pertama kali di perkenalkan oleh Netscape pada tahun 1995 dimana pada awalnya dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Sedangkan nama “javaScript” diberikan kepada bahasa tersebut mulai pada tanggal 4 Desember 1995 setelah terjalin kerja sama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa java).
Banyak orang yang membanding-bandingkan antara JavaScript dengan bahasa Java, bahkan tidak sedikit pula yang menganggap JavaScript sama dengan bahasa Java karena kemiripan namanya. Padahal hal ini keliru, karena javaScript berbeda dengan bahasa java. Perbedaanya, javaScript tidak memerlukan kompilator atau penerjemah khusus untuk menjalankannya. Sedangkan Java memerlukan kompilator khusus untuk menerjemahkannya di sisi user/klien.
Untuk penulisannya, ada dua cara agar javaScript dapat ditampilkan pada halaman HTML, yaitu :
1.      javaScript ditulis pada file yang sama
untuk penulisan dengan cara ini, biasanya perintah yang digunakan adalah :
<SCRIPT LANGUAGE = “JavaScript”>
….
Program javaScript disini
….
</SCRIPT>

Perintah tersebut biasanya diletakkan diantara Tag <head>…..</head>
Atau dapat pula diantara <body>…<body>

2.      javaScript di tulis pada file terpisah
kode javaScript bisa juga di buat dalam file terpisah , tujuannya adalah agar document HTML tidak terlalu panjang.
Atribut yang digunakan adalah
            <SCRIPT SRC = “namafile.js”>…</SCRIPT>
Diantara tag <SCRIPT> dan </SCRIPT > tidak diperlukan lagi kode javaScript, karena sudah dibuat dalam file terpisah, dimana file tersebut berekstensi .js

Tidak ada komentar:

Posting Komentar